Skip to main content

Career Expo JobDB Bandung

Wuih akhirnya selesai juga Career Expo di Bandung, selama tiga hari JobDB telah memberikan kesempatan kepada para "JobSeeker" yang ingin mengubah masa depannya, dengan memfasilitasi 70 perusahaan yg bisa kita apply secara langsung. Career Expo yang berlangsung dari tgl 15 hingga 17 Januari 2010 ini, benar-benar melayani si pengapply dgn baik, pertama kita yg udh beli tiket duluan di Gramedia sebelum hari H, tentunya lebih beruntung karena tidak perlu repot-repot mengantri tiket. Tapi pada dasarnya semuanya sama, saat pertama kali aq masuk, kita semua diberi satu koran plus kartu perdana 3 secara cuma-cuma. Memang dalam Career Expo JobDB ini memiliki cara pengapplyan yg berbeda dgn Career expo yg lainnya.

Bedanya apa sie?, pertama kita ga perlu repot-repot membawa CV dalam bentk copy an gitu, cukup hanya dengan softcopynya saja dalam flashdisk yang ukurannya ga lebih dari 200kb, lalu waktunya pun dibagi-bagi tiap orang, kita di haruskan memilih salah satu hari serta jam yg telah ditetapkan. Nah kalau aq memilih hari minggu jam 10 pagi hingga jam 12 siang. Pertama kali sampai di sana, tepatnya di sasana budaya ganesha ITB Bandung, wow, banyak org yg ngantri sampee panjaaaanng bgt, ternyata mereka itu yg tidak sempat membeli tiket seharga 15rb di Gramedia.

Karena aq sudah membeli tiketnya dari seminggu yg lalu, akhirnya antrian qu tdk terlalu panjang, dan yg diperbolehkan masuk pertama. Saat mengantri kami di suruh untuk mengisi formulir pre registration terlebih dahulu,  setelah itu kita diberi marchandise berupa sekotak permen fox lucu, kartu 3,dan koran. Baru kali ini merasakan career expo yg waah canggih deh^^. Masuknya aja di atur gitu loch, dengan mba-mba dan mas-mas yg cekatan (petugas mksdnya,hee), jdnya g sembarangan dan tertib.Sampai di dalam gedung kita diharuskan memasukkan data CV yg sudh kita bawa ke komputer yg dibantu oleh para petugas, setelah memasukkan CV lalu tiket yg kita pegang di tukar dengan barcode. Nah, barcode ini berfungsi sebagai tanda pengenal saat kita akan mengapply ke perusahaan yg diminati nanti.

Ternyata stand-standnya lumayan banyak, ya hampir sama dgn JobExpo dri ITB yg diselenggarakan tahun lalu, hanya saja perusahaannya berbeda. Tiap stand perusahaan memiliki komputer sehingga saat ada yg akan mengapply, tinggal menscan barcode tiap-tiap jobseeker, and click apply dech. Dengan menggunakan sistem otomatis seperti ini tentunya lebih efisien ya.

Stand apa saja yg ada di sana?, semuanya ada 70 perusahaan yg ikut berpartisipasi, jadi ada 70 stand. Yang pertama kali aq kunjungi adalah stand dari perusahaan Pertamina, hee, namun sayangnya tidak ada lowongan untuk Jur Psikologi, yaah, tpi mba petugasnya bilang klu mau masukkan saaja datanya di website pertamina, siapa tau nanti dibuka jg lowongan untuk S1 Psikologi. Dari sanalah pencarian di mulai, akhirnya aq susur deh dari ujung ke ujung. Lowongan HRD ternyata cukup banyak juga, meskipun tidak lebih banyak dari lowongan sebagai Management Trainee. yaaah aq cie, mau MT, admin, CC, hajar aja semuanya bleh. hihi...maklum pingin cepet2 dapet kerjaa..

Saat pukul jam 12 teng, kebetulan aq disuruh ikutan psikotes dri perusahaan Impian Jaya Ancol sbg HRD Staff juga, gileee tu psikotes susah amat, baru liat ada soal kayak begitu, plus perut aq muless bgt, gara-gara makan pedes td pagi, ckckck, jd g konsen dech ngerjainnya. Tes ini berlangsung kurang lebih satu setengah jam, ada tiga bentuk soal, logika matematika, bahasam dan bentuk abstrak. Semuanya sekitar 124 soal. Tiap-tiap bagian soalnya diberi batas waktu yg berbeda. Lumayan mengasah otak deh. Peserta yg ikut saat itu mungkin sekitar 20 orang, tapi mungkin msh bnyak dari hari-hari sebelumnya, belum lagi nanti dari kota lain, so saingannya banyak bo. Belum tentu lulus kalau tidak berjodoh..hee..tampaknya ga tau ni, soalnya mereka menjanjikan hari ini mereka yg lolos akan diberitahu lewat sms, tapi sampai jam segini belum ada kabar apapun,,huuuummmm gagal lagi gitu y...knapa y gagal terus...hiks...tapi y sudah lah klupun ngga d sms sampai nanti malam,berarti mungkin ada yg lebih baik, moga saja perusahaan lain yg kmrin aq apply ada yg nyangkut ya,,,amiienn.

So, kesimpulannya, bagi mereka yg masih :jobseeker juga, semangats yo, sering2lah di adakan career expo seperti ini, hehe, meskipun informasi dari internet jg lumayan banyk sie. Kalaupun sudah waktunya nanti, pasti keterima, amiin. ^_^.

Comments