Skip to main content

Sikat...Sikat Gigi qu....^^

www.gatzet.com/id/tooth-tune-mus

Yaa...bagus deh kalau dia menyadari itu,,heehehohoho..aqu ngomong apa sie..??umm ngomong-ngomong bauu niee,,,belon sikat gigi yaaa..heee

umm..aku cuman pingin ngasih tau, tentang sejarah sikat gigi...duhh aku tuh sering banget bermasalah sama sikat gigi, jika ukuran sikat giginya terlalu besar pasti akan kebentur-bentur sama pipiku yang chubby, wkwkwk...makanya aku mengatasinya dengan memakai sikat gigi ukuran anak kecil, karena lebih terasa pas di mulut, dan ngga kebentur-bentur lagi...

Sikat gigi tuh awalnya gimana ya, naah menurut artikel yang saya baca di koran KOMPAS, 26 Juli 2010, hal 37, bangsa Romawi Kuno dan Yunani lah yang pertama kali menggunakan fungsi sikat gigi ini, awalnya mereka terbiasa menggunakan tusuk gigi untuk menjaga kebersihan mulut. Kemudian sekitar tahun 1600 SM negeri Tirai bambu menggunakan stik seukuran pensil  yang dapat dikunyah untuk membersihkan mulutnya. Stik ini berbahan ranting dan jika di kunyah akan menghasilkan aroma yang segaaar..umm mirip sama nenek-nenek jaman dulu kali ya yang suka ngunyah-ngunyah sampe mulutnya item, hihihi
Akhirnya bangsa Cina terus berinovasi, dan terciptalah bentuk sikat gigi berbulu yang pertama kalinya memakai bulu leher babi hutan Siberia dan bambu atau tulang sebagai pegangannya (haa kebayang kaya apa ya..). Sementara itu di belahan benua Eropa, terus dikembangkan penggunaan bulu angsa pada sikat gigi agar lebih lembut serta bahan perak atau tembaga untuk gagangnya. Akhirnya, sikat gigi pertama yang di produksi secara massal tercipta dari tangan dingin William Addis dari Inggris pada tahun 1780.

Jaman sekarang sudah berkembang yang namanya sikat gigi manual hingga sikat gigi elektrik atau ionic yang dapat berputar sendiri dan bahkan ada timernya, kalau saya sie masih pake yang manual secara lebih ekonomis, hehe. Dalam memilih sikat gigi yang baik ternyata ada tekniknya juga loh, kalau saya lebih sering memilih sikat gigi yang bentuk kepalanya agak kecil, menyempit di bagian atasnya atau bentuk kepalanya bulat kecil, supaya bisa lebih menjangkau area-area yang sempit di mulut saya, hehe .

Menurut artkel yang saya baca di web pdgi ternyata "pilihlah sikat gigi dengan bulu-bulu yang lembut, bahkan yang ultra lembut, karena banyak orang salah menduga memilih sikat gigi  dengan bulu yang keras akan lebih membersihkan gigi. Kenyataannya, bulu yang keras justru dapat menyebabkan radang gusi atau mengikis enamel gigi. Sikat gigi dengan bulu melingkar lebih disarankan dibandingkan sikat gigi berbulu lurus untuk mengurangi risiko kerusakan pada gusi. Bulu sikat yang terbuat dari bahan sintetis lebih baik menyerap bakteri dibanding yang terbuat dari alam. Pilih kepala sikat yang berukuran kecil karena akan dapat menjangkau bagian belakang rongga mulut yang banyak terdapat plak gigi. Kepala sikat kecil ini juga ideal bagi orang yang memiliki rongga mulut kecil dan juga anak-anak", ini pas banget buat aku
ditayuwinda.blogspot.com


Menurut dokter sebenarnya tidak masalah apakah anda ingin menggunakan sikat gigi manual ataupun elektrik karena sebenanrnya yang membuat gigi kita bersih itu bukan semata-mata karena sikat giginya, namun lebih kepada bagaimana cara menggunakan sikat gigi itu dalam waktu yang memadai. Nah, dulu saya pernah diberitahu oleh dokter gigi, beliau bilang menyikat gigi yang benar itu di gosok secara perlahan dari atas ke bawah, bukan di gosok-gosokkan dari kiri ke kanan, dan jangan terlalu kencang menggosoknya, agar tidak melukai gusi dan untuk dapat membersihkan gigi dengan efektif setidaknya dibutuhkan waktu dua menit

www.otakku.com


Sikat gigi elektrik juga bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam menggunakan sikat gigi manual, selain dilengkapi dengan timer, sikat gigi elektrik juga bekerja dengan menggunakan bulu-bulu nilon untuk menstimulasi gusi dan membersihkan gigi lebih efektif. Namun, ya itu tadi pemilihan sikat gigi akan tergantung pada kebutuhan masing-masing individu dan pada komitmen menjaga kebersihan gigi dan mulut. Jika yakin memiliki teknik yang tepat dan konsisten menggosok gigi selama dua menit sebanyak dua kali sehari, sikat gigi manual dapat dipilih dan sekaligus menghemat uang. Tapi, kalau membutuhkan sedikit motivasi, sikat gigi elektrik dengan menggunakan timer dapat menjadi solusinya.
Hayo, mau pilih sikat gigi yang mana? Selamat menyikat gigi ya...

Comments