Skip to main content

Apa itu Android...?

Alhamdulillah akhirnya kesampean juga beli Hp Android Samsung with my own money...hehehe...well...kenapa saya milih Android...umm karena aplikasi yang ada dalam android lebih banyak dan bisa kita dapatkan free, artinya juga fiturnya bisa kita kembangkan sendiri...

Android itu apa sie,,,?
Menurut wikipedia dan artikel yang saya baca, android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC yang berbasis Linux. What is Linux? Mengutip wikipedia again, Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama yang dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja (alias gratis). Kita bisa menemukannya di komputer dengan prosesor intel hingga RISC.  Mungkin ada yang pernah kenal dengan simbol Linux seperti di bawah ini:

simbol Linux
Fungsi dari android sama saja dengan sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS.
Android itu tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.
Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android lebih baik.

simbol android

Beberapa fitur utama dari si Hijau Android ini antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya.

Versi Android yang beredar saat ini, memiliki nama yang cukup unik, karena menggunakan nama-nama makanan, mau tau apa saja, lihat di bawah ini :
  • Eclair (2.0 / 2.1), 
Versi Android awal yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface dan merupakan versi Android yang pertama kali mendukung format HTML5.
  • Froyo (2.2)
Android 2.2 dirilis dengan 20 fitur baru, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.
  • Gingerbread (2.3)
Perubahan utama di versi 2.3 ini termasuk update UI, peningkatan fitur soft keyboard & copy/paste, power management, dan support Near Field Communication.
  • Ice Cream Sandwich (2.4 atau 4.0)
Diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim “Android Ice Cream Sandwich” akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet
  • Honeycomb (3.0, 3.1 dan 3.2)
Merupakan versi Android yang ditujukan untuk gadget / device dengan layar besar seperti Tablet PC; Fitur baru Honeycomb yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration.
Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.

Samsung android yang saya gunakan saat ini masih tipe Froyo 2,2 (bisa di upgrade ke gingerbread). Tapi sudah lumayan lah buat kapasitas saya yang masih mahasiswa S2 ini, cukup bisa digunakan untuk membaca/mengedit, dan mendownload berbagai macam Ebook, pdf, excel, dan words.

Kelebihan dan Kekurangan :

Kelebihannya dulu aja kali ya..(menurut situs techgue.com), kelebihannya antara lain :
  1. Softwarenya bersifat terbuka (open source), sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru, memodif  bahkan menyempurnakannya,
  2. Lisensinya lebih murah tidak semahal OS Blackberry maupun Iphone/PDA yang menggunakan windows mobile,
  3. Stabil dan aman, tidak mudah hang bahkan terkena virus (yups, sama seperti yang saya rasakan, puaas banget deh makenya, meskipun download berbagai macam aplikasi, tapi ngga ngehang, untuk kelas smartphone, pantas di puji...:)
  4. Memiliki aplikasi native google (udah gitu gratis,,hee) yang terintegrasi dengan pushmail Gmail, Google Maps dan Google Calendar, (hampir sama dgn BB sie..)
  5. Lebih simpel dan mudah pengoperasiannya tidak ribet.
Kekurangannya,,,
  1. kalau menurut saya pribadi kekurangannya, untuk kebutuhan komunikasi tidak bisa seperti BB, yang keunggulannya memang dalam hal komunikasi..(karena ada fasilitas pin), tapi di android juga terdapat aplikasi Whatsapp yang bisa memudahkan kita untuk bisa berhubungan dengan pengguna Hp BB, Apple maupun android lainnya. (Aplikasi ini free..)..bedanya kalau whatsapp tdk ada pin seperti di BB, tapi kita memakai nomor hp biasa, but tidak mengambil pulsa, alias bukan sms, seperti chat saja, and kita selalu online all the time, sama persis kayak BB-an, cuma bedanya ngga ada Pin doang...that's it..
  2. Batereinya cepet banget abis...hehehe...apa semua smartphone cepet abis ya batereinya...
Well...itulah.. sekilas tentang android....jadi kesimpulannya punya android itu kayak punya PC berjalan, kita bisa download aplikasi apapun yang kita butuhkan, hehehe..saran saya,,,sebelum anda mau membeli HP android atau BB, cari saja dulu informasinya di Internet. Jadi anda bisa memilah mana HP yang sesuai dengan kebutuhan anda...oke..

C.U Guys ^^

Comments