Skip to main content

Menjelajah Bobo Fair 2012

picture from here

Nirmala dan Oki, dua tokoh dalam cerita serial majalah Bobo yang sering saya baca ketika saya masih lincah dan lucu (berarti sekarang?? hehehehe). 
Bobo sudah seperti teman pengantar tidur, atau teman setia yang menemani di saat sedang bosan dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Bobo itu sudah populer sejak tahun 1973 loh, wah berarti umur bobo sekarang berapa tahun ya...(ting ting ting !@#$%???) waduhh matematikanya rupawan sekali ini, menghitung umur Bobo saja sulit, ckckckck.

Eh tunggu dulu usianya berarti sudah 39 tahun yaa (horeee...keprok-keprok). Usia yang tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua bagi Bobo untuk terus menelurkan karyanya dan menjadi "best friend" bagi anak-anak Indonesia. Dan "Telur" itu mewujud dalam acara Bobo Fair yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), tanggal 4-8 Juli 2012 kemarin, acara yang khusus dipersembahkan bagi anak-anak untuk bebas berkreasi, bereksplorasi, berpetualang dan ber"seni" sekaligus memperkenalkan mereka tentang budaya-budaya lingkungan dan dunia. 

Bobo fair ini diadakan setiap satu tahun sekali, dengan tema yang berbeda-beda, dan tahun ini Bobo mengangkat tema "Journey to The World". Pertama kali mengetahui acara Bobo Fair dari salah satu komunitas blogger emak-emak yang men-share link tentang liburan bersama Bobo, anda bisa meng-klik Profile Bobo Fair di sini ya. 
Asyik kusyuk melihat-lihat tulisan para emak-emak yang suka nge-blogger, eh akhirnya ketemu deh sama emak-emak yang mempromosikan acara ini. Saat mendengar kata "anak-anak", woow, langsung deh hati tergiurr untuk membukanya dan akhirnya saya putuskan untuk datang ke acara itu. Kenapa langsung tergiur??, yaa karena alasan *pekerjaan sie sebenarnya, alias mahasiswa pasca PAUD yang kudu terpaksa "cinta" ame dunia anak, kalau ngga, nanti saya disebut ilmuwan "galau" dun, alias ga jelas cintanya ame dunia mane, xoxoxoxo. Awalnya saya agak ragu, karena heehe belum punya "anak", maklum masih new couple, haaihaai, bingung kalau sendirian ke sana, tanpa seorang anak kecil yang memegang tanganku, entar dikira wartawan lagi, hahahha. Tapi berhubung sudah semangat 45, ingin tahu acara dan kegiatannya seperti apa, so nekat bin nekat aja ya... 

Akhirnya tepat pukul 9 pagi (setelah diantar suami yang langsung berangkat kerja), saya sudah siap mengantri dan berjejer di loket bersama para "emak-emak" lain yang sibuk dengan para putra-putrinya, wuuiih asyiiknya yaa, kalau bersama anak-anak pasti lebih seru, dan saya cuma gigit jari, ahahaha. Nah, tibalah giliran untuk membeli tiket, jadi pemirsa (pake gaya anaknya uya kuya ya..) tiketnya  cuma 10.000 rupiah saja (untuk weekday), horeee, ibu-ibu pasti suka deh sama harganya, nyari liburan yang asyik, seru, dan mendidik, ngga perlu jauh-jauh bu, dateng aja ke Bobo Fair selanjutnya nanti tahun 2013, hihihi. Sedangkan untuk weekend harganya naik 5000 menjadi 15.000 rupiah saja, horeee, masih murah juga khan ibu-ibu^^. 

Kita juga mendapatkan struck pemotongan/diskon masuk Ancol (Dufan, Ocean, & Atlantis) sebesar 20% looh buu, lumayan masih berlaku sampai 8 Agustus, kebetulan saya punya dua tiket, jadi kalau ada yang berminat sama diskonnya dan ingin pergi ke Ancol, silahkan hubungi saya ya...hehehe. Kita juga bisa mendapatkan hadiah langsung dan menarik dari Bank BNI dengan menukarkan tiket di boothnya BNI, ada yang dapet topi, kaos, buku,  tempat minum/makan, majalah Bobo, goody bag, dll, happy khaan bu, hehehe. Ada juga voucher sebesar 5000 rupiah yang dapat digunakan di wahana permainan "bouncy land", alias game mementalkan badan ke atas dan ke bawah seperti body jumping ya, tapi khusus untuk anak-anak, kalau emak-emak nanti rantenya takut putus karena keberatan, hihihi. Terakhir kita juga mendapatkan kupon undian yang dapat diikutsertakan dalam "undian berhadiah Bobo"...sayangnya saya kelupaan, jadi ngga ikutan deh, hohoho. 

Ada cerita lucu saat membeli tiket, saya yang pemalu dan malu-maluin ini, ketika ditanya oleh sang penjaga karcis "beli berapa tiket bu?", umm kalau beli satu entar dikira aneh ngga ya,,hahaha akhirnya saya bilang ke mba tiketnya "dua ajah ya mba", (untung cuma sepuluh ribu, kalau 100ribu bisa tekor ane, gkgkgk) "dua, ini ya bu tiketnya, maaf bu, anak ibu masih di bawah lima tahun?", duuuuhh kirain ngga bakalan di tanya-tanya nie..haa and I said "oh, anaknya sudah besar kok", sambil cengengesan, langsung aja ngibriiit dari tempat tiket tanpa lirik kanan-kiri lagi, ahahahahaha....jawaban yang aneeh, padahal kenapa ngga jujur aja ya kalau dateng sendirian, haa dasar beginilah kalau anda sudah "parno" duluan, gkgkgkgk. Namun, senyum manis pun mengembang, saat akhirnya berhasil memasuki ruang pameran Bobo Fair dengan selamat, ahahahaha. 

Pertama kali memasuki ruang pameran ini, anda akan dibawa langsung ke dalam sebuah lorong yang mirip dengan ruangan dalam pesawat or prototype pesawat terbang, lengkap dengan seat-seat, kaca jendela yangdibuat persis seperti dalam pesawat betulan, dan makanan dalam kereta dorong yang biasanya kita dapatkan di dalam pesawat. Pesawat ini bertuliskan "Garuda Indonesia". Nah, sepertinya prototype ini dibangun untuk memperkenalkan anak-anak tentang dunia "pesawat". Masuk ke lorong berikutnya kita bisa bertemu dengan sang pilot dan para pramugari yang siap menyambut dan memberi salam pada anda sebelum masuk ke dalam ruang utama pameran. Wuiih ceritanya kita baru  turun dari pesawat dan sudah sampe nie ke dunia lain "anak-anak", like jargonnya, Fly with us, Garuda Indonesia, hihih..

Pesawat Buatan :)

Setelah melalui lorong pesawat, maka kita akan disuguhkan dengan "bill board" ucapan selamat datang, seperti ini:

welcoming bill board..

Ada beberapa anak yang sedang difoto dengan ayah bundanya, juga Sang Bobo yang menyambut kita dengan senyum khasnya :)

Welcoming doors by me

Masuk ke ruang pameran utama, kita bisa melihat beraneka ragam wahana yang memikat putra-putri kita..Dimulai dengan wahana "journey to the world", sesuai dengan temanya, anak-anak akan digiring berpetualang menjelajahi keajaiban serta bangunan-bangunan terkenal di seluruh dunia, ada Big Bang from London, Spinx dari Mesir, Menara Pisa, teater "keong emas" dari Australia, Eifel, Paris, Statue of America, Candi Borobudur hingga gua di kutub utara. Gambarnya seperti ini nie...





Duuh, maaf foto-fotonya kecil-kecil yaa, hehe..Selain itu, di sana juga ada stand anak-anak SGM Junior, yang sedang beraksi menunjukkan kemampuannya bernyanyi..

Semuanya serba merah yaa temans-temans :), nah ini dia "bouncy land", seorang anak sedang mempraktekkannya tuh, tapi kok wajahnya cemberut ya, takut nak? ayah bundanya mana yaa...hehehe...Wahana SGM ini di susun sebagai wahana antariksa, anak-anak bisa bermain di arena pemainan antariksa ataupun berfoto ala para astronot, cheeese :).

Car Racer

Nah, kalau yang ini arena "balapan". Anak-anak bahkan orang tua banyak sekali yang memperhatikan arena ini, humm ternyata memang permainan mini cars cukup di gandrungi oleh yang muda ataupun yang tua yaa...

Taman buah Mekar Sari

Roboto to megame
Sedikit menyelusup ke arena paling dalam ternyata ada arena "Fruit's World" dari taman buah mekar sari, di sana pengunjung dapat melihat berbagai macam buah serta tanaman yang biasanya ada di taman mekar sari, tapi jangan mencoba memakannya ya, meskipun di buat dengan ukuran yang jumbo-jumbo, semua tanaman ini buatan...pasti ngga enak kalau di makan...*ya iya laah...ahahaha.

Nah, foto di bawahnya adalah papan yang berisikan "pesan dan kesan" terhadap acara Bobo Fair 2012, ada yang menulis, "acaranya oke, keren, asyik, atau pingin lagi"...Semuanya di tulis tangan oleh adik-adik kita yang datang ke sana. Lucu ya konsep "dindingnya"...hehe..Oh ya di sebelahnya itu ada "Gallery Foto dan lukisan anak-anak Indonesia"..

Hal yang paling menarik menurut saya di acara ini, adalah adanya "BNI wishing Pisa"..Apa itu? Wishing Pisa adalah tempat di mana anak-anak dapat menempelkan harapan-harapan serta impian mereka ke dinding menara pisa seperti di bawah ini. Menuliskan harapan dan impian akan membangkitkan semangat seseorang terutama anak-anak, dan membiarkan mereka menempelkan atau menggantungkannya secara bebas, mem-boost anak-anak untuk teruus memiliki harapan, impian, dan cita-cita yang tinggi, dan secara tidak langsung juga menumbuhkan "penghargaan" atas segala passion yang mereka miliki...humm semoga harapan kalian semuanya tercapai ya nak..^^

Wishing Pisa
Satu lagi stand favorite saya, yaitu arena melukis di atas kain, kainnya itu bisa berbentuk kaos, payung kertas, tempat lampu, bahkan sepatu..Pernah liat kan sepatu lukis,  lucu-lucu warna dan desainnya, unik dan juga kreatif...^^. Anak-anak bisa mencoba melukis  "kaosnya" sendiri loh...

Painting..Painting


Paint Center

Child Project

Sanggar Kerja Sains
Sarana berikutnya yang saya kunjungi adalah "Sanggar Kerja Sains"..di sana anak-anak  melakukan project membuat sesuatu yang berhubungan dengan sains. Beragam sekali perilaku anak-anak itu saat melakukan masing-masing projectnya, ada yang sangat semangat mengerjakannya sendiri, tapi ada juga yang masih meminta bantuan orang dewasa. Ada yang menjadi perhatian bagi saya di sini, ketika melihat seorang anak yang melakukan project ditemani ayahnya. Ia seorang anak yang tangkas, karena diantara kelompok anak yang lain, ia paling cepat dan tepat mengerjakan project yang diberikan kakak pembina, lalu ia menunjukkan hasil projectnya itu pada ayahnya. Namun, alih-alih memberikan respon "semangat" atau "appreciate", sang ayah masih sibuk dengan handphonenya, dan hanya tersenyum sebentar sambil berkata datar "oh ya bagus de.." (*_*), anak itu pun langsung memalingkan wajah dari ayahnya dan bibirnya tertekuk ke bawah, yaah kasian, padahal tadinya dia semangat sekali looh, humm sayang sekali...mungkin ayahnya sedang sibuk jadi putrinya tak terperhatikan dengan baik..ayoo lebiihh semangat lagi yaaa ayah dan bunda....give your big smile to your children...^^...



Special child Center :)
Kenapa saya menulisnya Special Child Center, sebenarnya stand ini ada bukan untuk memberikan kesan "berbeda" dengan stand-stand yang lain, atau sengaja menunjukkan mereka "berbeda", tapi saya pikir, stand ini tercipta untuk menunjukkan pada diri kita sendiri bahwa sesungguhnya konsep "perbedaan" itu hanyalah "jembatan" yang telah memisahkan dunia mereka dengan anak-anak lainnya, padahal apa yang mereka kreasikan dan ciptakan, sama-sama indahnya dengan anak-anak yang lain yaa, tuh lihat mereka juga bisa melukis dan memfoto dengan indah looh ^^

Masih banyak lagi stand-stand yang terlibat di acara Bobo Fair, ada stand makanan Chimory, minuman, pakaian, mainan, dan banyaak lagi, bahkan ada bioskop 4D dan Photo Booth, kayaknya satu lantai JCC itu penuuh dengan Pameran Bobo Fair yaa.. 
Selain beraneka stand, terdapat berbagai acara yang dapat kita temukan di sana, dari perlombaan melukis, membaca puisi/cerita, dance ataupun kontes foto menggunakan busana nasional...Ini lah dia Panggung Kidnesia....

Kidnesia Stage...
And here they are the show schedule and performance...waah ada gerakan 1000 gitar dari Bank BNI, naah sebenarnya ingin sekali menonton kabaret Nirmala dan Oki, tapi berhubung hanya bisa satu hari saya di Jakarta, yoo wiss nda bisa lihat acara di hari yang lain deh, hihih..sayang ya... :(

The Bobo Fair Schedule
Oke, buat keluarga yang ingin mengajak anaknya berlibur, namun tetap ada sentuhan "edukasi"nya, boleh berkunjung ke Bobo Fair yang diadakan setiap satu tahun sekali ini yaa..jangan lupa bawa anak, keponakan atau adik yang masih kecil kemari yaa buu...jangan sendirian kayak saya, ngga seruuu, hihihihi. Mudah-mudahan tahun depan bisa ikut lagi ya, *berharap perut saya sudah melendung tahun depan, ahahahahaha...aamiinn aja deh yaa..., Jya...saya lampirkan foto brosur dari acara Bobo Fair 2012 ini yaaa..Cee uu in Bobo Fair 2013....sampirasuuuunnn ^^

Bobo Fair 2012...

Comments

kita juga kesana kok gak lketemu ya hehehe belumkenal soalnya, btw salam kenal
Ghiee said…
iya...belum kenal soalnya..hehe..saya ke sana tanggal 4 Juli aja...kalau gitu sekarang kita kenalan...salam blogger...saya mau meluncur ke blognya juga yaa...:)
ke2nai said…
sy ke Bobo Fairnya tgl 5.. ke bobo fair emang enaknya hari kerja sih, gak serame wiken ^^